Saturday, February 5, 2011

CARA BAIK dan BENAR DALAM BELAJAR

Cara baik dalam belajar adalah melalui pengalaman. Pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang baik bagi kita. Akan tetapi jika belajar hanya berbekal pada pengalaman saja, maka yang didapat hanya sebagiannya saja. Karena tanpa adanya buku yang menunjang maka belajar belum dikatakan baik dan benar. 

Oleh karena itu pada saat kita belajar pada salah satu pelajaran, maka carilah buku pedoman yang pas dan sesuai dengan standar kurikulum yang ada.

Buku yang tepat dalam mengantarkan kita pada perjalanan pembelajaran adalah buku yang harus memenuhi rambu-rambu pembelajaran. Rambu-rambu tersebut seperti:
  1. Buku tersebut harus memuat proses Pra pembelajaran, seperti; ajakan bermain sebelum belajar, sehingga pikiran siswa siap untuk merima materi.
  2. Buku tersebut harus memuat penugasan pada siswa agar mau untuk berfikir mana yang benar dan mana yang salah. Dan jawaban tersebut harus murni dari siswa itu sendiri berdasarkan pengalaman yang mereka punya.
  3. Buku juga harus memuat penugasan-penugasan teori yang dihubungkan dengan kehidupan kita sehari-hari untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa.
  4. Buku yang baik dan benar juga harus terdapat unjuk kerja untuk siswa, agar bisa diukur kemampuan siswa dengan uji kemampuan bisa berbentuk portofolio.
Demikian tadi cara-cara kita untuk memilih buku yang baik dan benar untuk pembelajaran yang baik pula dengan harapan mendapatkan hasil yang memuaskan selama kita melakukan proses pembelajaran.