Saturday, August 14, 2010

PUASA RAMADHAN

Alhamdulillah sekarang kita telah memasuki bulan suci ramadhan semoga dalam bulan ini kita mendapat ampunan serta hidayah dari Allah SWT. Hari ini merupakan hari yang special karena kita masih bisa menjalankan ibadah yang selalu kita nanti-nantikan yaitu ibadah puasa ramadhan dengan penuh kegembiraan dan kekhusyu'an (InsyaAllah). Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang seputar ramadhan. 


Dalam menjalankan puasa kita dianjurkan untuk menahan, yakni menahan makan, minum, nafsu. Dalam artian menahan pada batas waktu yang telah ditentukan yaitu antara jatuh waktu imsak sampai datang waktu maghrib. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT. dalam surat Al-Baqarah ayat 187 yaitu:


وَكـُلُوْا وَاشْـرَبُوْا حَـتَّى يَتََبَـيَّـنَ لَكُـمُ الْخَـيْطُ الاَبْيَضُ مِنَ الْخـَيْطِ الاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْـرِ

Artinya:
"Makanlah dan minumlah, sehingga nyata bagimu benang yang putih dari benang yang hitam, yaitu fajar" . (Al-Baqarah, 187).

Semoga dalam kita berpuasa dapat menjadikan kepribadian yang lebih baik untuk kedepannya, tidak kalah penting dalam kita berpuasa seharusnya kita dapat mengendalikan diri dari emosi yaitu marah, dendam, iri, dengki dan lainnya yang bisa membatalkan kekhusyu'an kita dalam berpuasa.


Mungkin hanya ini yang bisa aku sampaikan dalam pertemuan kali ini, kata kunci yang terakhir kali adalah "Berlomba-lombalah dalam hal Kebaikan dan menCegahlah dalam hal Keburukan".