Wednesday, August 18, 2010

MANAJEMEN BERDASARKAN FILSAFAT

Coba kalian perhatikan perusahaan-perusahaan yang ada disekitarmu. Apakah kalian tahu apa saja jenis-jenis manajemen berdasarkan filsafat ini? Ayo, sekarang kita cari tahu bersama-sama.......... yuuuuuuukkkk....

Manajemen berdasarkan filsafat itu dapat debedakan menjadi tiga, yaitu:
  1. Patrimonial management
  2. Political management
  3. Profesional management
Sekarang marilah kita lihat uraiannya masing-masing
 
1. Patrimonial management
Patrimonial management ini menunjukkan proses pemillihan pimpinan perusahaan berdasarkan hubungan kekerabatan, dalam artian posisi penting dalam organisasi atau perusahaan ini diberikan oleh pimpinan kepada seseorang berdasarkan hubungan kekeluargaan atas sistem famili (keluarga).
2. Political management
Political management ini menunjukkan adanya posisi pada ketua atau pimpinan dalam pemerintah itu dipegang oleh pejabat pemerintah. Mereka ada yang menjabat sebagai menteri, gubernur, atau pejabat TNI dan lainnya. Jadi Political management ini artinya, organisasi-organisasi tersebut menjalankan management yang memilih seorang pimpinan berdasarkan hubungan politik.
3.  Profesional management
Jenis manajemen ini tidak lagi mempertimbangkan unsur hubungan keluarga dan politik. Tetapi, posisi manajer ini benar-benar diberikan kepada orang-orang yang mempunyai kemampuan dan kejujuran. Orang-orang seperti inilah yang dipercaya dan dipilih untuk memimpin perusahaan atau organisasi karena mereka mengakui kemampuannya dalam memimpin. Jadi Profesional management itu artinya, posisi penting diberikan oleh pimpinan kepada seseorang berdasarkan keahlian, kecakapan, dan kejujuran.