Friday, November 5, 2010

BELAJAR DENGAN ALAM

Berbagai strategi dan cara telah dikembangkan dalam proses pembelajaran pada dewasa ini, semakin canggihnya ilmmu pengetahuan, maka kita pun tak boleh ketinggalan. Dalam proses pembelajaran ada banyak hal yang boleh kita terapkan.


Pertemuan kali ini saya akan memberikan alternatif pilihan cara belajar yaitu dengan alam. Seperti pada saat kita belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kita bisa terjun langsung melihat apa yang nantinya kita pelajari yaitu alam. Hal ini bisa berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan yang ada disekeliling kita atau dengan cara Observasi.

Seperti pada postingan saya sebelumnya tentang Observasi Pasar, maka yang adalah observasi tentang tumbuh-tumbuhan. Dengan antusias anak-anak pun akan dengan seksama melihat, meneliti dan menyaksikan hal-hal yang ada pada tumbuhan tersebut.


Kegiatan belajar seperti ini bisa dilakukan agar anak tidak jenuh jika terpaku dalam ruangan yang begitu membosankan, sehingga dapat memicu semangat anak untuk bekerja dalam menyelesaikan tugas belajarnya dan kerjaannya dengan tidak tergantung sama orang tua.

Belajar seperti ini menjadikan anak bisa lebih mandiri dan dapat bersosialisasi sesama temannya dengan cara bekerja sama (kerja kelompok) untuk menyelesaikan tugas yang ada.