Thursday, November 4, 2010

KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Seperti pada postingan saya sebelumnya tentang Sistem Informasi Akuntansi yang telah diketahui Sifat-sifat Sistem Informasi, maka untuk postingan kali ini saya akan memberikan beberapa karateristik dari sistem informasi akuntansi.

Karakteristik-karakteristik umum yang dimiliki oleh sistem informasi akuntansi adalah:

1. Tumbuh dan berkembang sepanjang masa
sistem informasi mengalami perubahan besar dalam kehidupan dalam suatu perusahaan. Perubahan ini memungkinkan sistem informasi beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi, sistem informasi cenderung meluas sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan
2. Jaringan arus informasi 
sistem informasi menyediakan informasi ke berbagai pihak di dalam ataupun di luar perusahaan.
3. Konversi data 
sistem informasi akan mengkonversi input menjadi output.
4. Pengguna informasi 
informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi digunakan oleh pengguna internal (manajer dan karyawan) dan pengguna eksternal (pelanggan, kreditur, pemegang saham, dan instansi pemerintah). Pengguna informasi akan bertambah banyak seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan. Hal ini dikarenakan pihak-pihak yang terkait pun semakin banyak.
5. Tujuan 
sistem informasi memiliki tujuan utama, yaitu : (1) Menyajikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. (2) Menyajikan informasi untuk mendukung operasi harian. (3) Menyajikan informasi yang berkenaan dengan kepengurusan.
6. Sumber daya
agar dapat berfungsi, sistem informasi memerlukan sumber daya yang mencakup data, perlengkapan, personalia, peralatan, dan dana.