Tuesday, November 2, 2010

SISTEM IFORMASI AKUNTANSI

Salah satu alat utama yang digunakan untuk membantu pimpinan dalam memecahkan masalah maupun pengambilan keputusan yang tepat dan akurat bagi pimpinan adalah sistem informasi. Dengan semakin besar dan berkembangnya perusahaan, permasalahan yang dihadapi semakin kompleks, sehingga tugas pimpinan untuk mengelola perusahaan juga semakin berat, pimpinan harus mengawasi pelaksanaan kegiatan semua bagian dalam perusahaan secara lebih seksama dan mengarah setiap kegiatan yang ada pada tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Agar pimpinan dapat mengetahui pelaksanaan semua kegiatan tersebut diperlukan laporan dari setiap bagian. Laporan-laporan ini merupakan informasi dasar bagi setiap keputusan yang diambil. Untuk memperoleh laporan yang baik dan benar, perlu diterapkan sistem informasi yang memadai dan mampu menghasilkan informasi yang berguna bagi pimpinan dalam mengendalikan jalannya operasi perusahaan dan juga dalam pengambilan keputusan.
 
Menurut Wing Wahyu Winarno, dalam bukunya Sistem Akuntansi (1994:8) Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, sistem memerlukan sumber daya yang akan diperlukan untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (output).
 
Sedangkan informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) dan kesatuan nyata (fact dan eventity) serta digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Jadi sistem iformasi akutansi adalah sekumpulan data/informasi yang diolah sedemikian rupa untuk menggambarkan kejadian-kejadian yang ada dan akurat sehingga bisa digunakan untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.