Thursday, November 11, 2010

TIPE-TIPE INFORMASI


Telah kita ketahui bahwa Informasi itu adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mengurangi ketidakpastian. Agar dalam menentukan sebuah keputusan itu seorang manajer menjadi yakin/pasti dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, maka dibutuhkan sebuah informasi yang akurat. Informasi itu sendiri mempunyai beberapa tipe yang nantinya bermanfaat untuk pengendalian operasi sebuah perusahaan.

Beberapa tipe informasi yang bermanfaat untuk pengendalian operasi itu sebagai berikut:

1. Informasi informal
Informasi informal yaitu informasi yang diterima melalui observasi, percaakapan temu-muka, percakapan telepon, rapat-rapat, dan lainnya yang diperoleh secara tidak formal.
2. Informasi pengendalian tugas
Informasi pengendalian tugas adalah sama halnya denga pengendalian manajemen yaitu ringkasan informasi dalam pengendalian tugas.
3. Laporan anggaran
Laporan anggaran adalah laporan yang berisi perbandingan antara pendapatan dan beban sesungguhnya dengan jumlah yang dianggarkan.
4. Informasi nonkeuangan
Anggaran dan laporan kinerja keuangan menyajikan secara agregat dampak menyeluruh aktivitas-aktivitas pengoperasian terhadap laba. Laporan tersebut menerjemahkan indikasi kinerja para individu ke dalam satuan uang sehingga memungkinkan untuk dipisahkan atau digabungkan